Cara mengubah default text dan label - Arview dan MapInfo Tutorial - ArcView Tutorial
Nilai Default Text and Label
Default-nya ArcView menggunakan properti font yang diatur pada menu Window - Show Symbol Window dalam pembuatan teks dan label. Misalnya kita telah mengatur properti font ?Arial, ukuran 10 dan style tebal?. Pada saat kita membuat teks dan label dengan menggunakan salah satu cara yang telah dibahas di atas, ArcView akan menggunakan pengaturan tersebut. Apabila kita ingin agar teks dan label yang akan dipasang mempunyai font Trebuchet MS, ukuran 11, maka kita harus mengganti nilai standar sebelumnya dengan menu yang sama.

Perlu dicatat bahwa bila ada teks atau label yang ditandai saat anda mengambil menu Window - Show Symbol Window, maka nilai standar tidak akan berubah walaupun anda telah melakukan perubahan pada kotak dialog tersebut, karena bila ada teks atau label yang ditandai maka perubahan properti font hanya akan diperlakukan pada teks yang ditandai tanpa mengubah nilai standar. Oleh sebab itu, bila anda ingin mengubah nilai standar, pada saat anda mengambil menu yakinkan bahwa tidak ada teks atau label yang ditandai.

Penggunaan default properti font pada Symbol Windows Setting mempunyai kelemahan, karena kita hanya dapat mengatur satu macam properti untuk seluruh tooltext dan toollabel. Apabila anda menginginkan agar setiap tooltext dan toollabel mempunyai pengaturan font yang berbeda, anda dapat menggubah default properti font dari Symbol Windows Setting menjadi custom setting. Untuk melakukan hal itu, gunakan menu Graphics - Text and Label Defaults. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 7.17. Kotak dialog Default settings teks dan label.

Pada kotak yang paling kiri terdapat semua jenis tooltext dan toollabel. Anda dapat mengatur setiap toolbar berbeda dengan yang lainnya. Klik toolbar yang akan diatur, kemudian gunakan kotak yang ada di kanan untuk mengatur proptertinya.

Untuk setiap pengaturan toolbar, bila anda mengaktifkan kotak cek Use Symbol Window setting for text. Berarti jenis, warna, ukuran, dan style font akan mengikuti pengaturan pada Symbol Window setting yang diakses lewat menu Window - Show Symbol Window. Anda hanya dapat mengatur asesoris lain seperti outline, fill color, dan sebagainya. Akan tetapi bila kotak cek Use Symbol Window setting for text dinonaktofkan anda dapat mengatur semua properti teks dan label untuk semua tooltext dan toollabel, dan ArcView akan mengacu ke nilai ini dalam pembuatan teks dan label.