Membuat peta tematik - Arview dan MapInfo Tutorial - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat Peta Tematik

Untuk tujuan pembuatan layout, peta yang telah selesai di analisis perlu dibuatkan peta tematiknya. Uraian secara detail tantang pembuatan peta tematik dapat dilihat pada bab Pemetaan Tematik.

Legenda peta tematik biasanya diurutkan berdasarkan abjad atau angka, sehingga klasifikasi peta yang telah dibuat tidak dapat diurut mulai dari sangat ringan sampai sangat berat. Oleh karena itu bila anda menginginkan agar legenda peta disusun berdasarkan tingkat erosi, bukan berdasrkan abjad, maka anda perlu menambahkan satu field lagi pada tabel 'Layout_Erosi' katakanlah dengan nama urutan dengan tipe integer. Selanjutnya isikan nilai 1 sampai 6 untuk kelas erosi sangat ringan sampai sangat berat, seperti pada tampilan window browser berikut.

Gambar 16.43. Tampilan Layout_Erosi pada window browser.

Selanjutnya kita akan mulai membuat peta tematik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1.    Aktifkan window peta 'Layout_Erosi'. Pilih menu Create Thematic Map dari menu Map. Kotak dialog langlah pertama pembuatan peta tematik akan muncul seperti gambar berikut.

Gambar 16.44. Langkah pertama pembuatan peta tematik.

2.    Anda dapat menggunakan Type Ranges, tetapi pada contoh ini kita akan menggunakan Type Individual dengan Template Region Individual Default. Klik Next. Langkah kedua akan muncul.

Gambar 16.45. Langkah kedua pembuatan peta tematik.

3.    Isikan tabel 'Layout_Erosi' dan field 'Urutan'. Klik Next.

Gambar 16.46. Langkah terakhir pembuatan peta tematik.

4.    Atur tampilan Style untuk mengatur warna dan arsiran legenda, buat warna gradasi dari muda sampai tua untuk tingkat erosi sangat ringan sampai sangat berat. Legend untuk mengatur format dan isi teks legenda. Atur model tampilan legenda sedemikan rupa sehingga menjadi lebih menarik dan komonikatif. Lihat bab Pemetaan Tematik untuk melihat kembali pembuatan peta tematik langkah demi langkah secara detail.

Perlu diperhatikan di Legend, anda harus mengganti label 1 sampai 6 menjadi sangat ringan sampai sangat berat. Klik OK. Pembuatan peta tematik telah selesai.