Prosedur menambahkan legenda pada layout peta di ArcView GIS - Arview dan MapInfo Tutorial - ArcView Tutorial
Menambahkan Legenda

Legenda baru dapat ditambahkan ke dalam layout apabila kita telah mengatur legenda pada daftar isi di window view. Untuk itu aturlah dengan baik legenda pada daftar isi view. Untuk menyisipkan legenda pada view gunakan toolbar Legend frame (). Prosedurnya sama dengan penambahan arah utara. Klik toolbar tersebut, kemudian buat kotak pada window layout dimana legenda tersebut akan ditampilkan dengan meng-klik dan men-drag mouse. Apabila ukuran kotak Legend frame telah dibuat, lepas tombol mouse, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 11.22. Kotak dialog Legend Frame Properties.

Pilih ViewFrame31:Bali pada daftar pillihan View Frame, When Active pada Display, dan Presentation pada Quality. Klik OK. Tampilan legenda pada layout pada saat pertama kali ditambahkan adalah sebagai berikut.

Gambar 11.23. Tampilan legenda pada layout.

Dengan cara yang sama seperti pada frame arah utara, anda dapat memperbaiki komponen-komponen legenda tersebut seperti menghapus beberapa teks yang tidak diperlukan, mengatur jarak antar bagian legenda, dan menambah teks untuk tulisan ?LEGENDA?. Caranya adalah tandai frame legenda tersebut, kemudian dari menu Graphics pilih Simplify. Lakukanlah editing secukupnya terhadap legenda tersebut. Bila telah selesai, untuk memudahkan memindahkan legenda tersebut ke bagian lain, sebaiknya semua komponen legenda tersebut di satukan kembali. Tandai semua komponen legenda tersebut dengan membuat kotak di luar komponen legenda tersebut dengan toolbar Pointer, kemudian dari menu Graphics pilih Group. Tampilan legenda setelah dilakukan modifikasi adalah sebagai berikut.

Gambar 11.24. Tampilan legenda pada layout setelah dimodifikasi.

Catatan

Anda juga dapat menggunakan modul atau ekstensi Legend Tool untuk membuat legenda. Bila anda ingin mencoba, aktifkan extension tersebut. Akan tetapi pada buku ini tidak dibahas, karena fasilitas legend frame sudah memadai.