Prosedur digitasi peta pada ArcView GIS - Arview dan MapInfo Tutorial - ArcView Tutorial
Langkah-langkah Digitasi Map
Dalam membangun SIG, tidak sedikit data yang terlibat di dalamnya bersumber dari data visual atau peta yang sudah ada. Agar data tersebut dapat digunakan bersama-sama dengan data lain dalam bentuk digital, maka peta-peta tersebut perlu dikonversi dari bentuk visual ke digital. Proses konversi inilah disebut dengan digitasi. Data yang dihasilkan dari proses digitasi ini adalah data grafis berbasis vektor.

Digitasi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan meja digitizer atau melalui digitasi di layar monitor (screen digitizing). Pada umumnya digitasi dengan meja digitizer menghasilkan tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan digitasi layar.

Langkah-langkah yang perlu dilalui dalam digitasi peta dengan menggunakan meja digitizer adalah :

1. Setup digitizer dan install driver.

Agar meja digitizer dapat dikenali dan digunakan oleh ArcView, kita harus mempunyai software driver digitizer Win Tab compliant. Untuk mengetahui apakah driver Win Tab compliant tersedia untuk digitizer yang digunakan, lihatlah user manual digitizer tersebut.

Install-lah driver sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh perusahaan digitizer tersebut, kemudian gunakan control panel driver untuk mengatur penggunaan tombol pendigit.

2. Persiapkan peta yang akan didigitasi.

Peta yang akan didigitasi harus mempunyai validitas dan akurasi yang tinggi artinya informasi yang terkandung di dalamnya harus dapat dipercaya kebenarannya. Disamping itu peta tersebut harus up-to-date atau informasinya mutakhir dan tidak kadaluwarsa. Permukaan kertas peta harus datar, tidak terlipat, dan tidak basah.

Letakkan peta di atas meja digitizer dengan baik, dan tentukan minimal 4 titik kontrol pada peta. Titik kontrol adalah titik yang kita tentukan koordinat geografisnya atau koordinat sebenarnya di bumi. Melalui titik kontrol inilah dibuat pasangan koordinat meja digitizer dan koordinat geografis yang selanjutnya dipakai untuk membangun persamaan matematis hubungan antara koordinat geografis dengan koordinat meja digitizer sehingga dengan demikian semua objek pada peta dapat dicatat koordinat geografisnya. Grid peta, Persimpangan jalan, perpotongan sungai merupakan tanda alam yang biasa dipakai sebagai titik kontrol.

3. Jalankan ArcView dan aktifkan ekstensi Digitizer.

Bila peta telah dipasang pada meja digitizer, titik kontrol telah ditentukan dan dicatat, aktifkan ArcView dan jangan lupa men-load exstention digitizer melalui menu File - Extention.

4. Lakukan regestrasi peta.

Memasukkan titik-titik kontrol yang

telah ditentukan, dan identfikasi RMS errornya. Penjelasan secara detail tentang cara regestrasi peta akan dibahas secara detail pada digitasi layar.

5. Mulailah melakukan digitasi peta.