Membuat window layout - Arview dan MapInfo Tutorial - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat Window Layout

Untuk memperoleh kualitas peta yang memadai baik untuk tujuan presentasi maupun untuk pencetakan, sebaiknya menggunakan tampilan peta yang telah dianalisis melalui pemetaan tematik. Di bawah ini kita akan membuat window peta dengan mengunakan layer 'Bali', 'Jalan_Bali', dan 'Kota_Bali'. Layer 'Bali' telah dipetakan secara tematik. Lihat Bab Pemetaan Tematik untuk informasi lebih detail. Sementara Legenda digunakan perpaduan antara legenda kartografi dan legenda tematik seperti contoh di atas. Peta juga telah dilengkapi dengan Label peta. Lihat Bab Melabeli Peta untuk memperoleh Informasi tentang cara pemberian label pada peta.

Klik menu Window - New Layout Window untuk membuat window layout baru. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 15.6. Kotak dialog membuat layout baru.

Pilih data atau window yang akan dipakai pada window layout. One Frame for Window berarti kita dapat menentukan window yang akan digunakan pada window layout. Bila window peta telah dilakukan pemetaan tematik dan window legenda sudah aktif, maka bila kita menggunakan window peta tersebut dalam window layout, secara automatis window legenda juga disertakan karena antara window peta dan window legenda telah menjadi satu kesatuan. Pilihan Frame for All Currently Open Windows berarti semua window yang aktif akan disertakan dalam window layout yang baru dibuat. Sedangkan No Frames menunjukkan tidak ada satu window atau frame yang disertakan dalam pembuatan window layout.

Untuk latihan ini kita gunakan pilihan pertama. Kita hanya menyertakan window peta dan legenda. Klik OK, tampilan peta pada window layout adalah sebagai berikut.

Gambar 15.7. Tampilan layout saat pertama kali dibuat.

Anda dapat menggunakan menu Layout - Options untuk mengatur beberapa pilihan tampilan layout.