Penjelasan cara memotong peta - Arview dan MapInfo Tutorial - ArcView Tutorial
Memotong Peta

Fasilitas ini biasanya digunakan untuk memperoleh informasi pada daerah dengan luasan yang lebih kecil dari peta yang mencangkup daerah yang luas. Misalnya kita mempunyai peta kemiringan lereng daerah Kecamatan Kuta Selatan, sedangkan kita hanya memerlukan peta kemiringan lereng hanya untuk daerah penelitian yang hanya sebagian dari Kecamatan Kuta Selatan. Maka dalam hal kita dapat memotong (clip) peta kemiringan Kuta Selatan tersebut hanya sebatas daerah penelitian. Perhatikan gambar di bawah ini.

a b

Gambar 5.2. Peta lereng yang akan dipotong (a) sebesar daerah penelitian (b).

Untuk memotong peta lereng seluas daerah penelilian, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Aktifkan peta yang akan dipotong (Ler_ks.shp) dan peta pemotong (Batas_ks.shp) pada view yang sama seperti pada gambar di atas.

2. Pilih GeoProcessing Wizard dari menu View. Kotak dialog berikut akan tampil.

Gambar 5.3. Kotak dialog Geoprocessing Clip one theme based on another langkah 1.

3. Plilh Clip one theme based on another kemudian klik Next. Kotak dialog selanjutnya akan tampil.

Gambar 5.4. Kotak dialog Geoprocessing Clip one theme based on another langkah 2.

4. Pada daftar pilihan Select input theme to clip, pilih theme yang akan dipotong dalam hal ini Ler_ks.shp. Sedangkan pada daftar pilihan Select a polygon overlay theme, pilih poligon pemotong (Batas_ks.shp). Standarnya ArcView akan menyimpan hasilnya pada folder Temp. Bila anda ingin menyimpan pada tempat yang berbeda klik tombol dan tentukan lokasinya. Klik Finish bila pengaturan telah selesai. Tampilan theme seteleh dilakukan clipping adalah sebagai berikut.

Gambar 5.5. Tampilan theme hasil clipping.

Catatan

1. Data atribut hasil proses clipping mempunyai struktur yang sama dengan theme yang dipotong.

2. Anda dapat menggunakan sebagian theme yang dipotong atau theme pemotong dalam proses geoprosesing, dengan cara memilih objek tertentu saja pada theme tersebut. Kemudian pada kotak dialog geoprosesing langkah ke 2 isikan kotak cek Use Selected Features Only.

3. Bila saat proses clipping anda menemukan Error, disarankan untuk menyimpan hasil clipping tidak pada folder Temp.