Informasi sumber-sumber data yang dapat digunakan di ArcView GIS - Arview dan MapInfo Tutorial - ArcView Tutorial
Sumber Data ArcView GIS

Selama ini data-data yang digunakan sebagai contoh pada bab sebelumnya telah disedia?kan tanpa pernah disinggung bagaimana cara memperoleh data tersebut. Pada sesi ini kita akan membahas cara perolehan dan input data ArcView.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan data yang dapat dipakai pada ArcView, diataranya :

1. Kita dapat menggunakan data dalam bentuk Shapefile (format data ArcView) yang disertakan saat kita meng-install ArcView. Anda juga dapat mencari di internet atau membeli dari perusahaan yang bergerak di bidang GIS.

2. Menggunakan data ARC/INFO. Apabila anda mempunyai Coverage ARC/INFO anda dapat membuka, mengedit, dan menganalisisnya di ArcView.

3. Data yang berasal dari MapInfo Professional dapat digunakan di ArcView. Prosedur input data MapInfo Professional akan dibahas secara detail pada sesi lain di Bab ini.

4. Gambar CAD, misalnya yang dibuat di AutoCAD dapat dibuka dan digunakan bersama-sama dengan data ArcView.

5. Citra satelit penginderaan jauh, gambar hasil scanner, dan foto digital juga dapat digunakan pada ArcView sebagai data grid raster.

6. Data tabular seperti data statistik, data hasil survei, penelitian, dll yang mengandung informasi geografis (X,Y) dapat digunakan sebagai sumber data ArcView.

7. Konversi data visual ke digital melalui digitasi peta atau screen digitizing merupakan cara yang umum dilakukan untuk input data ArcView.