Mencetak layout peta - Arview dan MapInfo Tutorial - Mapinfo Professional Tutorial
Mencetak Layout Peta

Sebelum layout peta di cetak ke printer, cek kembali printer dan ukuran kertas yang dipakai. Gunakan menu File - Page Setup seperti yang telah dibahas sebelumnya pada sesi ini. Bila Page setup telah selesai diatur, gunakan menu File - Print untuk mencetak. Kotak dialog Print akan muncul sebagai berikut.

Gambar 15.38. Kotak dialog Print.

Pilih jenis printer yang akan digunakan untuk mencetak pada Printer Name. Pengaturan model dan kualitas cetakan pada Properties, halaman yang akan dicetak pada Print range, dan jumlah rangkap cetakan pada Number of copies. Klik Advanced untuk pengaturan yang lebih detail.

Gambar 15.39. Kotak dialog Advanced Printing Options.

-         Tentukan metode output yang digunakan. Print Directly to Device artinya menggunakan sistem pencetakan seperti pada MI Pro versi 6.0 ke bawah. Print Using Enhanced Metafile mencetak dengan ukuran spool yang lebih kecil dan dengan kecepatan yang lebih tinggi tanpa mengurangi kualitas cetakan. Pilihan ini baik digunakan sepanjang printer yang digunakan support metafile.

-         Internal Handling for Transparent Vector Fills and Symbols. Bila kotak cek tersebut diaktifkan, maka MI Pro akan menangani bentuk arsiran dan simbul bitmap, kalau tidak printer akan mengambil alih. Sebaiknya kotak cek diaktifkan.

-         Use ROP Method to Display Transparent Raster, Bila diaktifkan motode pencetakan citra yang akan digunakan sama dengan metode penampilan di layar monitor, dan ini akan menghasilkan kualitas cetakan yang kurang bagus. Sebaiknya di non aktifkan.

-         Print Raster in True Color When Possible. Pilihan ini sebaiknya digunakan untuk menghasilkan kualitas cetakan citra dan grid yang lebih baik, dengan syarat citra yang dicetak support 24-bit true color dan printer yang digunakan support lebih dari 256 warna.

-         Dither Method. Bila citra support 24-bit dan printer tidak supprot maka perlu dilakukan konversi dari 24-bit true color ke 255 warna. Metode vonversi yang digunakan ada 2, yaitu Halftone dan Error difsusion.

-         Bila semua pengaturan telah dilakukan dengan benar, Klik OK 2 kali untuk mulai mencetak.