Geocoing secara automatis - Arview dan MapInfo Tutorial - Mapinfo Professional Tutorial
Geocoing secara Automatis

Untuk latihan geocoding secara automatis, digunakan data alamat 'Registrasi.dbf' dalam format dBASE. Informasi alamat disimpan pada kolom atau field 'Address'. Sedangkan data grafis jalan yang dipakai adalah tabel 'Daftar_Jalan'. Informasi nama jalan disimpan pada kolom 'Street'. Urutan kerja secara detail geocoding automatis adalah sebagai berikut.

1.    Buka file Registrasi.dbf dan tabel Daftar_Jalan.

2.    Pilih menu Table - Geocode, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 11.2. Kotak dialog Geocode.

Isikan data-data seperti pada kotak dialog tersebut di atas. Ada 2 mode geocode automatis, yaitu automatic dan interactive. Automatic artinya MI Pro akan melakukan geocode tanpa perlu meminta konformasi apa-apa pada kita. MI Pro tidak melakukan geocode (ignore), seandainya nama jalan pada tabel alamat tidak ditemukan pada data grafis jalan, Sebaliknya pada mode interactive, MI Pro akan mengeluarkan daftar pilihan nama jalan terdekat, dan kita dapat melakukan pilihan.

Perlu diketahui bahwa nomor rumah dalam alamat dapat ditulis di depan atau di belakang nama jalan. Untuk mengubah penulisan nomor rumah, gunakan menu Option - Preferences - Address Matching.

Gambar 11.3. Pilihan cara penulisan nomor rumah

3.    Klik option, untuk menentukan di bagian mana titik-titik alamat akan ditempatkan.

Gambar 11.4. Kotak dialog Geocode Option.

Yang penting diperhatikan adalah Offset Address Location dan Inset Address Location. Offset Address Location berarti berapa jarak dari jalan ke titik-titik alamat yang akan dipasang, sementara Inset Address Location menunjukkan berapa jarak dari ujung jalan titik-titik alamat akan ditempatkan. Ini dimaksudkan agar titik dari alamat yang satu dengan alamat yang lainnya tidak saling tumpang tindih.

4.    Pilih OK dua kali, proses geocode akan dimulai. Bila anda menggunakan mode automatic hasilnya adalah sebagai berikut.

Gambar 11.5. Informasi hasil proses geocode.

Dari informasi tersebut tercatat bahwa, dari 50 record data alamat, hanya 27 yang di-geocode dan yang lainya sebanyak 23 record nama jalan pada kolom Address (data alamat) tidak ditemukan pada kolom Street (data grafis jalan). Beberapa kemungkinan nama jalan tidak match adalah salah ketik, adanya singkatan, dll.

Bila anda mengubah mode menjadi interactive, seandainya nama jalan pada kolom Address tidak ada yang cocok pada kolom Street, kotak dialog berikut akan ditampilkan.

Gambar 11.6. Konfirmasi bila nama jalan tidak ditemukan.

Nama jalan yang tidak ditemukan pada Street dapat anda pilih pada daftar nama jalan yang ditampilkan, kemudian pilih OK, atau klik Ignore jika tidak ada yang tepat.

Dalam Aplikasinya, disarankan pertama anda gunakan mode Automatic agar proses lebih cepat, sisanya yang tidak di-geocode dapat anda ulang melalui mode Interactive.

5.    Bila proses geocode telah selesai, dan anda ingin melihat hasilnya maka aktifkan window peta Daftar_Jalan, kemudian pilih menu Map - Layer Control. Bila hanya ada 1 layer pada daftar layer, tambahkan layer Registrasi dengan mengklik Add. Tampilan layer control adalah seperti berikut.

Gambar 11.7. Tampilan pengontrol layer.

6.    Klik OK, tampilan titik-titik alamat Registrasi pada Daftar_Jalan akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

a b

Gambar 11. 8. (a) Sebelum proses geocode, (b) tampilan titik alamat Registrasi pada Daftar_Jalan setelah proses geocode