Kebutuhan Perangkat Keras dan OS - Arview dan MapInfo Tutorial - ArcView Tutorial
Kebutuhan Perangkat Keras dan OS

Kelengkapan modul atau fasilitas yang tersedia pada ArcView GIS 3.3 ditentukan oleh pilihan saat melakukan instalasi software tersebut. Sementara kemampuan ArcView untuk melakukan input, tampilan, prosesing, dan output data ditentukan oleh ketersediaan perangkat keras dan sistem operasi yang digunakan.

Di bawah ini akan uraikan secara ringkas kebutuhan minimal perangkat keras untuk dapat menjalankan software ArcView serta prosedur instalasi perangkat lunak tersebut.

ArcView termasuk software yang tidak membutuhkan persyaratan hardware dengan kualitas yang terlalu tinggi. Berikut ini disajikan syarat minimal perangkat keras yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan software ArcView.

1. Komputer pentium atau yang lebih tinggi dengan mikro prosesor Intel. Penggunaan prosesor selain Intel dan kompatibelnya sering terjadi gangguan teknis. Penggunaan prosesor dengan kecepatan yang tinggi akan sangat membantu kecepatan analisis data, terutama dalam analisis spasial.

2. RAM (Random Access Memory) minimal 32 MB dan paling tidak 17 MB memori virtual. Semakin tinggi kapasitas RAM yang digunakan semakin optimal kemampuan dan kinerja ArcView.

3. Ketersediaan ruang hardisk yang cukup. Kebutuhan sisa hardisk berbeda-beda, tergantung dari macam modul dan jumlah data yang diinstal. Program dan data membutuhkan space sekitar 135 MB. Di luar space tersebut anda harus menyisakan sisa hardisk yang memadai untuk menyimpan dan menganalisis data anda sendiri. Semakin besar dan banyak volume data yang dioleh semakin banyak sisa hardisk yang diperlukan.

4. Monitor berwarna SVGA dengan kualitas warna 256 warna atau lebih besar.

5. Mouse dan keyboard standar.

6. Digitizer, printer, dan plotter bersifat opsional. Digitizer diperlukan apabila anda melakukan melakukan digitasi peta. Printer dan plotter diperlukan bila anda melakukan pencetakan.

7. ArcView GIS 3.3 dapat dijalankan pada sistem operasi Windows NT, Window 95, Window 98, Window 2000, Window Millineium, dan Window XP.