Setting Properti Analisis - ArcView Tutorial
Setting Properti Analisis
Sebelum melakukan analisis spasial, kita perlu mengatur propertinya terutama menyangkut output analisis, Klik Properties dari menu Analysis untuk menampilkan kotak dialog properti analisis.

Gambar 9.10. Kotak dialog Properti Analisis.

Beberapa hal yang perlu diatur adalah sebagai berikut :

1. Analysis Extent berarti ukuran output theme, ada beberapa pilihan diantaranya:

- Same As View, ukuran theme output sesuai dengan ukuran view.

- Same As Display, ukuran theme output sesuai dengan tampilan theme pada saat ini. Apabila anda mengubah zooming setelah pengaturan properti analisis ini, ukuran output tidak akan berubah, tetap menggunakan ukuran zoom pada saat pengaturan properti analisis.

- Intersection Of Inputs, menggunakan daerah yang overlap dari input theme. Daerah overlap adalah daerah yang mempunyai koordinat geografis yang sama.

- Union Of Inputs, menggunakan seluruh atau gabungan daerah input.

- Current Value, menggunakan nilai semula. Apabila anda telah menentukan nilai sebelumnya, dan anda mengubah dengan pilihan yang lain, maka pada saat anda memilih Current Value, nilai yang ada pada saat kotak dialog ini dibuka akan dimuncul?kan kembali.

- Same As , menggunakan salah satu ukuran theme yang ada pada view. Anda dapat memilih salah satu theme yang ada.

- As Specified Below, anda dapat menentukan sendiri koordinat geografisnya, dan isikan nilai koordinat tepinya pada Left, Top, Bottom, dan Right.

2. Analysis Cell Size berarti ukuran sel output, ada beberapa pilihan diantaranya:

- Minimum Of Input, mengunakan ukuran sel terkecil dari theme yang digunakan sebagai input analisis.

- Miximum Of Input, mengunakan ukuran sel terbesar dari theme yang digunakan sebagai input analisis.

- As Specified Below, Kita ketikkan sendiri ukuran sel output yang diinginkan, dan isikan pada kotak isian Cell Size di bawahnya, ingat tekan untuk menampilkan jumlah baris dan kolomnya.

- Current Value, menggunakan nilai semula. Apabila anda telah menentukan nilai sebelumnya, dan anda mengubah dengan pilihan yang lain, maka pada saat anda memilih Current Value, nilai yang ada pada saat kotak dialog ini dibuka akan dimuncul?kan kembali.

- Same As , menggunakan ukuran sel pada salah satu theme grid yang ada pada view. Anda dapat memilih salah satu theme grid yang ada.

3. Analysis Mask berarti membatasi ukuran output sesuai dengan daerah yang ditentukan, ada beberapa pilihan diantaranya:

- No Mask Set, tidak menggunakan mask artinya menggunakan seluruh area yang ditentukan pada Analysis Extent.

- , mengunakan ukuran output sesuai dengan daerah pada theme grid yang dipilih pada view.

Nilai default pada properti analisis adalah Union Inputs pada pilihan Analysis Extent, Miximum Of Input pada pilihan Analysis Cell Size, dan No Mask Set pada pilihan Analysis Mask.