Pengantar Contoh Aplikasi - Mapinfo Professional Tutorial
Pengantar Contoh Aplikasi

Pada materi sebelumnya, kita telah membahas kemampuan MI Pro bagian demi bagian yang dituangkan pada setiap bab. Tetapi pada bab ini kita akan menggabungkan kemampuan MI Pro dalam satu contoh aplikasi. Dengan demikian, diharapkan lebih memudahkan pemahaman tentang tahapan-tahapan yang mesti dilakukan bila mengaplikasikan MI Pro dalam pemecahan masalah di lapangan, mulai dari input data, analisis, sampai output.

Contoh aplikasi yang diambil adalah pendugaan besarnya erosi potensial di Kabupaten Gianyar Propinsi Bali menggunakan pendekatan USLE (Universal Soil Lost Equation). Bentuk persamaan tersebut adalah :

A = R x K x LS

Dimana A adalah besarnya erosi potensial, R adalah Indeks erosivitas hujan tahunan, K adalah nilai erodibilitas tanah dan LS adalah faktor panjang dan kemiringan lereng. Dari persamaan di atas kita memerlukan 3 peta yang akan dioverlay, diantaranya peta erosivitas, peta erodibilitas dan peta LS. Perlu diketahui bahwa untuk keperluan penajaman informasi yang disampaikan, dalam contoh aplikasi ini sebagian menggunakan data fiktif, karena yang ingin ditekankan adalah cara prosesing data.