Menambahkan View pada Layout - ArcView Tutorial
Menambahkan View pada Layout

View merupakan komponen utama dalam layout. View yang telah diatur dengan baik, sekarang

akan diambil dan ditempatkan pada layout. Gunakan toobar view frame () untuk menambahkan view pada layout. Klik toolbar tersebut, kemudian drag dan buat segi empat seberapa besar view tersebut akan dibuat pada layout. Apabila ukuran view frame telah sesuai dengan kebutuhan, lepas mouse kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 11.6. Kotak dialog View Frame Properties.

Ada beberapa pilihan yang perlu dilengkapi diantaranya :

1. View, pilihlah View yang akan ditampilkan pada layout. Bila dipilih, maka tidak ada peta yang akan ditampilkan pada layout.

2. Live Link, Bila diaktifkan, view pada layout akan berubah bila kita mengadakan perubahan pada window view.

3. Scale, Ada 3 pilihan, Automatic artinya view akan dibuat sebesar ukuran view frame yang dibuat pada layout. Preserve View Scale berarti skala atau ukuran view akan dibuat sama dengan tampilan view pada window view. Sedangkan pilihan User Specified Scale kita dapat menentukan skala sesuai dengan keinginan kita, dan ketikkan nilai skala di bagian bawahnya.

4. Extent, ada 2 pilihan Fill View Frame dan Clip To View. View yang tidak tampil pada window view dapat ditampilkan pada layout bila kita memilih Fill View Frame. Sebaliknya hanya view yang tampil pada window view yang ditampilkan pada layout bila kita memilih Clip To View.

5. Display. Ada 2 pilihan, yaitu When Active dan Always. Pilihan When Active berarti perubahan view yang dilakukan pada window view baru akan berefek pada window layout bila window layout diaktifkan. Ini akan menghemat waktu kerja ArcView bila posisi view pada layout live link. Sementara pilihan Always akan selalu meng-update view pada window layout bila kita mengadakan perubahan view pada window view.

6. Quality, ada 2 pillihan, yaitu Presentation dan Draft. Presentation berarti view akan ditampilkan pada window layout, sedangkan Draft view tidak akan ditampilkan, sebagai penggantinya akan dibuatkan kotak yang hanya berisikan nama view tersebut.

Untuk contoh ini gunakanlah nilai atau pilihan seperti pada kotak dialog di atas, kemudian pilih OK. Tampilan view pada window layout akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Gambar 11.7. Tampilan view pada window layout.