Overlay Peta Faktor Erosi - Mapinfo Professional Tutorial
Overlay Peta Faktor Erosi

Karena peta erosivitas hujan, erodibilitas tanah, dan peta faktor LS telah selesai diprosesing, sekarang saatnya untuk melakukan overlay terhadap ketiga peta tersebut. Sebelum melakukan overlay, copy salah satu peta erosivitas hujan, erodibilitas tanah, atau peta faktor LS untuk menampung hasil overlay dan sebagai target split data. Disini kita akan menggandakan peta faktor LS yang bernama 'Peta_Lereng' menjadi peta 'Peta_Erosi' melalui menu File - Save Copy As. Dalam overlay nanti kita akan menggunakan tabel 'Erosivitas_Hujan', 'Peta_Tanah', dan 'Peta_Erosi' masing-masing untuk peta erosivitas hujan, erodibilitas tanah, dan peta faktor LS.

Ikutilah prosedur berikut untuk melakukan overlay ketiga peta tersebut di atas.

1. Melalui menu File - Open Buka ketiga file yang akan dioverlay ('Erosivitas_Hujan', 'Peta_Tanah', dan 'Peta_Erosi').

2. Melalui layer control, atur susunan layer sehingga layer 'Peta_Erosi' menjadi paling atas, kemudian diikuti oleh peta 'Erosivitas_Hujan' dan 'Peta_Tanah'. Ubah properti layer 'Peta_Erosi' menjadi Editable seperti gambar di bawah ini.

Gambar 16.19. Susunan layer peta komponen Erosi.

3. Pilih menu Query - Select All from Peta_Erosi untuk menandai semua objek pada peta erosi. Kemudian dari Menu Objects pilih Set Target. Tampilan peta akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 16.20. Tampilan Peta_Erosi yang di-Set Target.

4. Ubah kembali susunan layer control, gunakan layer 'Erosivitas_Hujan' di urutan teratas. Pilih semua objek pada layer erosivitas hujan dengan menggunakan menu Query pilih Select All from Erosivitas_Hujan.

5. Ambil menu Objects - Split. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 16.21. Kotak dialog disagregasi data.

Isikan metode disagregasi seperti pada gambar di atas, Klik OK. Tunggu sampai proses Creating Object selesai.

6. Lakukanlah proses packing data pada Peta_Erosi untuk refresing data. Gunakan menu Table - Maintenance - Pack Table seperti tabel berikut.

Gambar 16.22. Kotak dialog packing data.

Klik Save bila muncul konfirmasi untuk menyimpan data.

7. Setelah proses packing selesai, MI Pro mengeluarkan tabel Peta_Erosi dari layer control. Sementara kita masih memerlukan untuk proses overlay yang kedua dengan peta tanah. Untuk itu aktifkan layer control, kemudian tambahkan layer Peta_Erosi melalui Add. Buat kembali susunan layer agar Peta_Erosi menjadi paling atas dan dalam posisi Editable.

8. Dari menu Query pilih Select All from Peta_Erosi untuk memilih semua objek pada peta erosi. Dari menu Objects pilih Set Target.

9. Kembali ke layer control, posisikan Peta_Tanah paling atas. Pilih/tandai semua objek pada layer Peta_Tanah dengan menggunakan menu Query pilih Select All from Peta_Tanah.

10. kemudian pilih menu Objects - Split kotak dialog disagregasi data muncul kembali seperti di bawah ini.

Gambar 16.23. Kotak dialog disagregasi data.

Klik OK, tunggu sampai proses selesai.

11. Lakukan kembali proses packing data untuk Peta_Erosi untuk penyegaran data. Gunakan prosedur di atas. Setelah proses packing tampilan data grafis dan tabular Peta_Erosi adalah sebagai berikut.

Gambar 16.24. Tampilan data grafis dan tabular Peta_Erosi.

12. Bila diperhatikan data tabular Peta_Erosi, hanya terdapat informasi LS saja. Sedangkan untuk menghitung erosi potensial kita juga memerlukan nilai Erosovitas dan Erodibilitas, yang selanjutnya nilai tersebut akan dikalikan. Untuk itu tabel Peta_Erosi perlu dimodifikasi untuk menambahkan beberapa field diantaranya erosivitas, erodibilitas, erosi, dan klasifikasi. Gunakan menu Table - Maintenance - Table Structure. Lengkapi kotak dialog modifikasi struktur tabel sehingga tampak seperti gambar berikut.

Gambar 16.25. Kotak dialog modifikasi struktur tabel Peta_Erosi.

13. Lakukanlah update kolom erosivitas dan erosibilitas yang diambil dari tabel Erosivitas_Hujan dan Peta_Tanah. Gunakan menu Table - Update Column. Lengkapi kotak dialog Update colomn seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 16.26. Kotak dialog Update Column Erosivitas.

Isikan kotak dialog Join dengan operator geografi Contains seperti gambar di bawah ini

Gambar 16.27. Kotak dialog Join Erosivitas_Hujan dan Peta_Erosi.

14. Lakukan Update Column sekali lagi untuk mengisi nilai erosibilitas dari Peta_Tanah. Gunakan proses yang sama seperti di atas. Kotak dialog update column dan join ditampilkan pada gambar berikut.

Gambar 16.28. Kotak dialog Update Column Erodibilitas.

Gambar 16.29. Kotak dialog Join Peta_tanah dan Peta_Erosi.

15. Bila ketiga komponen erosi telah terisi data, sekarang kita akan mengkalkulasi besarnya erosi potensial dengan cara mengalikan nilai erosivitas, erosibilitas, dan nilai LS. Gunakan update colom untuk melakukan proses ini. Rumus yang digunakan seperti gambar berikut.

Gambar 16.30. Update kolom untuk kalkulasi erosi potensial.

Tampilan data tabular setelah dilakukan kalkulasi erosi adalah sebagai berikut.

Gambar 16.31. Tampilan data tabular setelah kalkulasi nilai erosi potensial