Menampilkan Informasi Attribute - ArcView Tutorial
Menampilkan Informasi Attribute

Bila anda ingin mengetahui nilai data atribut suatu objek pada view, dengan mudah anda dapat lakukan dengan memakai toolbar Identify (). Cara menggunakan toolbar tersebut adalah :

- Klik toolbar tersebut.

- Arahkan dan klik pada objek yang ingin diketahui nilai atributnya. Syaratnya adalah ada theme yang dipilih atau ditandai. Bila tidak ada theme yang ditandai, fasilitas ini tidak dapat dipakai. Contoh hasil tampilan data tabular tersebut seperti pada gambar berikut.

Gambar 3.26. Tampilan data atribut bila objek pada view di klik dengan toolbar identify.

Pada gambar di atas terdapat 2 kolom, kolom pertama menyatakan keterangan atau legenda objek yang di-klik, sedangkan pada kolom kedua ditampilkan Field dan nilai data atributnya. Anda dapat meng-klik beberapa objek pada view untuk diketahui nilai atributnya. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bwaah ini.

Gambar 3.27. Tampilan beberapa data atribut objek view.

Ada 5 objek yang telah di-klik pada view. Pada gambar di atas, nilai atribut yang ditampilkan adalah objek nomor 5. Untuk melihat nilai atribut objek lain, klik salah satu objek pada daftar tersebut.

Hasil identify di atas, hanya menampilkan data atribut dari satu theme saja, karena hanya satu theme yang ditandai pada daftar isi di view. Bila anda menandai lebih dari satu theme, dan anda mengklik objek yang overlap, maka seluruh informasi atribut objek yang overlap tersebut akan ditampilkan. Contoh di bawah ini adalah tampilan 3 data atribut pada 3 objek yang overlap.

Gambar 3.28. Tampilan beberapa data atribut pada objek yang overlap pada sekali klik.

Fasilitas ini sangat baik digunakan untuk membuat data cross section (data pada satu garis lurus).

Bila anda ingin menghapus satu atau beberapa informasi atribut pada daftar hasil identifikasi, pilih data tersebut, kemudian klik Clear. Namun, jika hendak menghapus semua data klik Clear All.