Membuat Buffer - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat Buffer

Buffer adalah daerah yang dibuat di sekitar objek. Objek tersebut dapat berupa area, garis, ataupun poligon. Contoh aplikasi buffer adalah penentuan daerah jalur hijau di sepanjang jalan, pembuatan batas-batas sempatan sungai, danau, dll., penentuan daerah rawan bencana gunung berapi yang sedang meletus, dan sebagainya. Urutan kerja pembuatan buffer adalah sebagai berikut.

1.    Buka peta yang dijadikan objek buffer.

2.    Ubah properti objek tersebut menjadi Editable.

3.    Pilih objek yang dijadikan baisis buffer.

4.    Dari menu Objects pilih Buffer, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 12.43. Kotak dialog Buffer Objects.

-        Radius, menyatakan lebar buffer. Dapat diisi dengan nilai (value) langsung, atau nilai dari kolom lain (from column). Tetukan pula satuan (unit) yang digunakan.

-        Smoothness, adalah menentukan tingkat ketelitian daerah buffer. Semakin tinggi nilai segmen per circle semakin tinggi ketelitian. Nilai standarnya 12.

-        Ada dua metode buffer, pertama satu buffer untuk semua objek (One buffer of all objects) dan kedua satu buffer untuk setiap object (One buffer for each objects).

-        Ada dua cara penentuan jarak atau lebar buffer, yaitu Spherical dan Cartesian. Spherical biasanya digunakan untuk objek yang mempunyai proyeksi bumi seperti Latitude/Langitude, sebaliknya Cartesian untuk proteksi non bumi.

5.    Klik Next, ke langkah berikutnya, yaitu penentuan metode agregasi. lengkapi kotak dialog berikut seperti gambar di bawah ini.

Gambar 12.44. Kotak dialog Data Aggregation.

6.    Klik OK, untuk melihat hasilnya. Berikut ini disajikan beberapa contoh buffer.

a b

Gambar 12.45. Conton buffer untuk Danau Batur selebar 500 m, (a) sebelum dan (b) seteleh dibuffer.

a b

Gambar 12.46. Contoh buffer lapangan udara Ngurah Rai selebar 2 km, (a) sebelum dan (b) seteleh dibuffer.

Cara lain dalam pembuatan buffer adalah dengan menggunakan perintah Convex Hull dari menu Objects, hanya saja dalam convex Hull diperlukan tiga input objek untuk objek titik.