Laporan Data Tabular - ArcView Tutorial
Laporan Data Tabular

Disamping dalam bentuk grafik, output data atribut dapat pula disajikan dalam bentuk laporan. Laporan ini dapat berupa tabel yang sederhana sampai pada tabel silang (cross tab) yang kompleks. Fasilitas laporan tidak dapat langsung diakses dari menu tabel karena fasilitas ini merupakan extention dari ArcView. Untuk itu, kita perlu mengaktifkan terlebih dahulu modul tersebut melalui menu File - Extention.

Gambar 6.28. Kotak dialog Extention.

Dari kotak dialog extention tersebut, aktifkan kotak cek yang berada di depan Report Writer. Apabila anda senantiasa bekerja dengan Report Writer anda dapat mengaktifkan kotak cek Make Default agar modul ini diaktifkan saat ArcView dibuka.

ArcView menyediakan banyak model report, diantaranya Quick Report, Standart Report, Form Letters, Mailing Labels, Top Number (N) Report, Cross Tab Report, dan Drill Down Report. Dari 7 macam jenis laporan yang disediakan hanya satu report yaitu Quick Report yang memang merupakan modul ArcView. Ini berarti, bila anda ingin menggunakan model report yang lain, maka anda harus meng-install program Crystal Report.

Pembahasan pada buku ini hanya dilakukan pada 2 jenis report, yaitu Quick Report dan Standart Report.