Menggabungkan Objek Menggunakan Kolom - Mapinfo Professional Tutorial
Menggabungkan Objek Menggunakan Kolom

Penggabungan objek menggunakan kolom merupakan metode yang paling efektif untuk mengelompokkan data. Metode ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan Redistrik yang telah dibahas pada bab Mengelola Tabel. Contoh di bawah ini, kembali menggunakan peta lereng Kabupaten Gianyar ('Lereng_Gianyar'). Dari 95 record atau unit lereng yang ada, kita akan mengelompokkan menjadi 5 kelas. Ikuti langkah-langkah berikut.

1.    Buka peta 'Lereng_Gianyar'

2.    Dari menu Table pilih Combine Objek using Column, akan muncul gambar berikut.

Gambar 12.13. Kotak dialog Combine Objek using Column.

3.    Pilih tabel yang objeknya akan digabung, dalam hal ini kita pilih 'Lereng_Gianyar'. Isikan dengan kolom 'Keterangan' pada daftar pilihan Group objects by column. Ini berarti data akan dikelompokkan berdasarkan keterangan (kelas lereng). Tentukan dimana hasilnya akan disimpan. Pada contoh ini hasilnya akan disimpan pada tabel baru (New).

4.    Klik Next ke langkah berikutnya. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 12.14. Kotak dialog New Table.

5.    Karena hasilnya simpan pada tabel yang baru, MI Pro menanyakan tabel baru yang dibuat akan ditampilkan pada window apa, dan struktur tabel yang baru apakah akan disusun sendiri (Create New) atau mengunakan struktur tabel dari tabel asli (Lereng_Gianyar). Pada contoh ini kita menggunakan struktur tabel Lereng_Gianyar dan hasilnya supaya ditampilkan pada window peta yang baru. Klik Create, Struktur tabel Lereng_Gianyar akan tampil.

Gambar 12.15. Struktur tabel Lereng_Gianyar

6.    Klik OK tanpa mengadakan perubahan dan sepenuhnya menggunakan struktur tabel Lereng_Gianyar. Klik Create, kotak dialog penyimpanan tabel akan tampak sepeti gambar di bawah ini.

Gambar 12.16. Kotak dialog Penyimpanan tabel baru.

7.    Isi dengan nama yang sesuai, Klik Save. Metode agregasi data akan tampil sebagai berikut.

Gambar 12.13. Kotak dialog agregasi data.

8.    Lengkapi metode agregasi data seperti pada gambar di atas, klik OK. Bila hasilnya hanya ditampilkan pada window peta, tampilkan juga data tabularnya pada window browser. Gambar berikut menyajikan hasil penggabungan objek menggunakan kolom.

a b

Gambar 12.14. Hasil penggabubgan objek menggunakan kolom, (a) data grafis, (b) data tabular.