Menambahkan Inset Peta - ArcView Tutorial
Menambahkan Inset Peta

Inset peta berisikan informasi tentang lokasi peta pada cakupan daerah yang lebih luas sehingga pembaca peta dapat mengetahui dimana posisi daerah yang digambarkan pada peta. Untuk keperluan ini, kita perlu membuat satu view baru untuk menampilkan daerah Indonesia, yang selanjutkan akan diambil dari window layout sebagai frame view. Tampilan wilayah indonesia pada view adalah sebagai berikut.

Gambar 11.27. Tampilan Indonesia.shp pada view.

Pulau Bali terlalu kecil untuk ditandai, apabila kita menggunakan seluruh wilayah Indonesia sebagai Inset. Untuk itu anda dapat memperbesar tampilan pulau Bali pada view dengan resiko tidak semua daerah Indonesia dapat ditampilkan. Setelah diperbesar, tambahkan kotak pada pulau Bali tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 11.28. View yang dipersiapkan untuk inset peta.

Bila View yang akan digunakan inset telah selesai dibuat, kembali ke window layout. Gunakan toolbar view frame () untuk menyisipkan inset. Klik dan drag pada window layout dimana inset akan ditempatkan. Apabila posisi telah ditentukan, kotak dialog berikut akan tampil.

Gambar 11.29. Kotak dialog View Frame Properties.

Pilih Inset Indonesia pada View dan pilihan yang lainnya digunakan nilai standar, klik OK. Anda dapat memindahkan atau mengubah ukuran inset tersebut sedemikian rupa sehingga tampak menarik. Tampilan inset peta pada window layout adalah seperti gambar berikut.

Gambar 11.30. Kotak dialog View Frame Properties.