Penanganan Kesalahan pada Model - ArcView Tutorial
Penanganan Kesalahan pada Model

Dalam pembuatan model, tidak selamanya model yang dibuat bebas dari kesalahan bila dijalan?kan. Untuk itu, lakukanlah beberapa tip di bawah ini untuk mengenali kesalahan pada model anda. Bila letak kesalahan dapat diidentifikasi, maka perbaikan model akan mudah dilakukan.

1. Sebelum model dijalankan, gunakan menu Model - Check Model Status untuk mengetahui apakah data input yang digunakan telah ditambahkan pada view sehingga siap digunakan. Data input yang tidak siap digunakan, pada diagram model akan ditampilkan dengan warna putih atau tidak berwarna (gambar 10.60).

2. Pada saat model dijalankan, pada baris status ArcView akan ditampilkan proses yang sedang dilakukan. Anda dapat mengamati sampai proses mana kesalahan itu muncul.

3. Output theme hasil proses model akan ditampilkan pada view. Anda dapat mengecek output apa saja yang telah selesai dibuat. theme Bila output tidak tampil di view berarti proses yang menghasilkan theme tersebut tidak dijalankan atau terjadi kesalahan.

4. Apabila terjadi kegagalan dalam menjalankan prosedur pada model, pada window ModelBuilder akan ditampilkan pesan seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 10.70. Pesan error yang muncul saat model yang mengandung kesalahan dijalankan.

Dari pesan kesalahan yang muncul, kita disuruh untuk melihat file log yang dibuat oleh ArcView yang mencatat letak kesalahan saat modul diproses. Bukalah file log tersebut (dalam contoh ini bernama ModelContoh.log) dengan sembarang program teks editor, misalnya Notepad. Bila anda tidak menemukan file tersebut, cari dimana model yang berisi kesalahan tersebut disimpan. Contoh tampilan file log tersebut adalah sebagai berikut.

Gambar 10.71. Tampilan log file pada Notepad.

Dari file log tersebut dapat diketahui, mana proses yang berhasil dijalankan dan mana yang gagal. Proses yang berhasil ditandai dengan informasi Succeeded dan yang gagal dengan Failed. Cari dan catat proses mana saja yang failed, kemudian perbaiki pada model anda dengan klik kanan pada proses tersebut, kemudian pilih Properties atau Wizard.