Menyimpan Data Eksternal ke Format MapInfo - Mapinfo Professional Tutorial
Menyimpan Data Eksternal ke Format MapInfo

Seperti telah disampaikan sebelumnya bahwa menampilkan data yang bersumber dari aplikasi lain pada layar Browser tidak berarti langsung menkonversi seluruh data eksternal tersebut ke dalam format MI Pro. MI Pro hanya membuat file kecil (*.tab) yang menyimpan informasi tentang struktur data eksternal tersebut.

Dalam beberapa hal, file yang masih tersimpan dalam format selain MI Pro tidak dengan leluasa dapat digunakan dalam analisis data seperti layaknya file MI Pro. Oleh sebab itu, bila data eksternal akan digunakan dalam editing dan analisis data, sebaiknya data tersebut disimpan dalam format MI Pro. Untuk menyimpan ke format MI Pro, aktifkan data ekternal dalam window browser. Dari menu File pilih Save Copy As, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 4.29. Kotak dialog Save Copy of Table As.

Gunakan nama file lain selain nama aslinya pada File name, karena file tersebut sedang aktif. Bila anda memaksa menggunakan nama file aslinya, akan muncul pesan seperti di bawah ini.

Gambar 4.30. Pesan yang muncul saat menyimpan dengan nama file yang sedang aktif.

Yakinkan pula bahwa pada daftar pilihan File of type dipilih MapInfo (*.tab). Klik Save untuk menyimpan dan keluar dari kotak dialog tersebut.