Reklasifikasi Nilai Sel - ArcView Tutorial
Reklasifikasi Nilai Sel

Reklasifikasi digunakan untuk mengelompokkan kembali nilai sel berdasarkan kisaran kriteria yang ditentukan. Contoh di bawah ini adalah theme grid lereng yang dibuat dari theme grid DEM, akan diklasifikasikan dengan kriteria sebagai berikut.

Tabel 9.1. Klasifikasi lereng

Nilai Sel Lama

Nilai Sel Baru

Keterangan

0 ? 3

1

Datar

3 ? 8

2

Landai

8 ? 15

3

Berombak

15 ? 25

4

Bergelombang

25 ? 40

5

Berbukit

40 ? 60

6

Bergunung

Langkah-langkah reklasifikasi theme grid adalah sebagai berikut.

1. Aktifkan peta lereng yang akan diklasifikasi.

Gambar 9.73. Tampilan theme grid lereng yang akan direklasifikasi.

2. Pilih Reclassify dari menu Analisis. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 9.74. Kotak dialog Reclassify Value.

3. Lengkapi kotak dialog di atas. Classification Field berarti field mana yang akan diklasifikasi?kan. Bila theme grid integer yang terhubung dengan tabel, anda dapat menentukan field dari tabel atribut tersebut. Akan tetapi bila theme gridnya tidak integer (float), maka pilihan Classification Field hanya ada 1, yaitu value.

Anda dapat memilih metode klasifikasi yang telah disediakan oleh ArcView dengan mengklik Classify. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 9.75. Kotak dialog Classification.

Isikan pada kotak dialog tersebut macam klasfifikasi yang digunakan (Type), jumlah kelas (Number of classes) dan pembulatan nilai (Round value at). Dengan mengisi parameter tersebut, ArcView akan secara automatis membuatkan kisaran nilai tiap-tiap kelas.

Apabila anda mempunyai metode atau model klasifikasi tersendiri, anda dapat memasukkan secara langsung pada Old value dan New Value. Isikan kisaran nilai untuk masing-masing kelas, gunakan tabel di atas sebagai acuan. Klik untuk menambah kelas atau untuk menghapus kelas yang lebih. Anda dapat menyimpan pengaturan kelas yang telah dibuat untuk digunakan pada kesempatan lain dengan mengklik Save, atau mengambil file klasifikasi (.avc) yang pernah disimpan untuk digunakan dengan mengklik Load.

Untuk contoh ini, gunakan pengaturan seperti pada gambar 9.74, Klik OK. Tampilan theme hasil klasifikasi tersebut tampak seperti gambar di bawah ini.

Gambar 9.76. Tampilan theme grid lereng yang telah direklasifikasi.