Union 2 Theme - ArcView Tutorial
Union 2 Theme

Union dua theme mempunyai prosedur yang sama dengan interseksi dua theme. Hanya saja, hasil dari interseksi dua theme menampilkan theme yang berinterseksi. Sementara hasil union dua theme menghasilkan gabungan dari kedua theme tersebut walaupun theme tidak ber?interseksi. Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 5.16. Kotak dialog Geoprocessing Union two theme.

Bila anda melakukan overlay dua theme pada daerah yang sama, penggunaan union dua theme pada theme yang mempunyai batas luar yang tidak persis sama, sering menyebabkan adanya poligon sliver, yaitu poligon bukan hasil overlay melainkan adanya batas luar theme yang berbeda pada daerah yang sama. Hal ini akan sangat mengganggu hasil overlay. Lihatlah contoh di bawah ini.


Gambar 5.17. Contoh poligon sliver.

Untuk itu penggunaan interseksi dua theme merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan poligon sliver. Penggunaan interseksi dua theme akan memberikan hasil yang sama dengan union dua theme apabila batas luar kedua theme persis sama.

Dengan menyuraikan perbedaan dan persamaan interseksi dua theme dan union dua theme, disini kita tidak akan membahas union dua theme lebih jauh karena menggunakan prosedur yang sama dengan interseksi dua theme.