Susunan Layer pada Pengontrol Control - Mapinfo Professional Tutorial
Susunan Layer pada Pengontrol Control

Layer kosmetik (Cosmetic Layer) selalu ada pada setiap layer control dan selalu ditampilkan pada urutan paling atas. Layer kosmetik akan dibahas lebih detail pada subbab berikutnya di bab ini. Selanjutnya kita akan bahas layer-layer yang lain.

Bila anda membuka (Open) beberapa tabel sekaligus, dan menggunakan Preferred View Automatic atau anda menambahkan layer dengan Add dari kotak dialog Layer Control, MI Pro akan menyusun layer tersebut dengan urutan yang logis dengan melihat tipe objek dari layer tersebut. Dengan demikian, tidak ada objek yang saling menutupi sehingga tampilan peta secara keseluruhan akan nampak bagus.

Layer yang mengandung teks akan ditempatkan paling atas setelah cosmetic layer, kemudian diikuti dengan titik, garis, dan terakhir layer poligon (area). Bila diperhatikan kotak dialog layer control pada gambar di atas, nampak bahwa Kota_Bali (layer titik) ditempatkan paling atas seletah layer kosmetik, dikuti dengan layer Jalan_Bali (layer garis), dan Bali (layer poligon).

Pada susunan layer seperti di atas, bila kita menambahkan satu layer poligon lagi misalnya peta penggunaan lahan, dimana layer tersebut akan ditempatkan oleh MI Pro? Bila anda menebak di atas layer poligon Bali, anda benar. Jadi MI Pro akan menempatkan pada posisi paling atas pada layer sejenis.

Bila pada suatu saat anda tidak menginginkan susunan layer seperti yang diatur oleh MI Pro, anda dapat mengubah susunan tersebut dengan menggunakan Reorder Up dan Down pada kotak dialog layer control.