Menghapus Objek - Mapinfo Professional Tutorial
Menghapus Objek

Untuk menghapus objek per record atau per satuan objek, anda dapat menggunakan menu Edit - Clear atau tombol Delete dari Keyboad pada objek yang terpilih. Cara itu sudah dibahas di atas pada sesi ini, atau pada bab Mengelola Tabel. Namun demikian, menghapus objek per satuan objek yang lain akan dibahas sekarang. Langkah-langkah Menghapus Objek hampir sama dengan membagi objek dengan poligon.

1.    Buka peta yang akan digunakan sebagai target penghapusan, dalam hal ini 'Tabanan' dan peta yang berfungsi sebagai cutter (pemotong), yaitu 'Erase_Tabanan'. Tampilan kedua peta tersebut adalah sebagai berikut.

Gambar 12.39. Tampilan peta Tabanan sebagai target pengapusan dan Erase_Tabanan sebagai cutter.

2.    Atur urutan layer dalam Layer Control sehingga layer 'Erase_Tabanan' berada di atas layer 'Tabanan'. Atur properti layer 'Tabanan' menjadi Editable.

3.    Tandai (select) satu objek pada layer 'Tabanan' yang berada di samping objek lingkaran pada 'Erase_Tabanan'.

4.    Dari menu Objects pilih Set Target.

5.    Tandai objek lingkaran pada layer 'Erase_Tabanan'. Kemudian pilih menu Objects - Erase untuk menghapus objek pada layer 'Tabanan' sebesar lingkaran pada layer 'Erase_Tabanan'. Atau Objects - Erase Outside untuk menghapus objek pada layer 'Tabanan' yang di-set target dan diluar objek lingkaran pada layer 'Erase_Tabanan'. Kotak dialog pemisahan data akan muncul. Isi metode untuk masing-masing filed seperti gambar di bawah ini.

Gambar 12.40. Kotak dialog Data Disaggregation.

6.    Klik OK. Hasilnya akan nampak seperti gambar berikut.

Gambar 12.41. Hasil proses penghapusan objek, (a) dengan Erase dan (b) Erase Outside.