Membuat Poligon Voronoi - Mapinfo Professional Tutorial
Membuat Poligon Voronoi

Fasilitas pembuatan poligon voronoi baru diperkenalkan pada MI Pro 7.0. Fasilitas ini dapat digunakan untuk membuat suatu poligon berdasarkan titik sebagai inputan. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk membuat suatu batas daerah berdasarkan titik, misalnya data iklim suatu daerah berdasarkan titik-titik data stasiun curah hujan. Perhatikan gambar di bawah ini.

a b c

Gambar 12.42. Data dan tahapan dalam pembuatan poligon voronoi, (a) daerah yang akan dibuatkan poligon voronoi, (b) titik-titik voronoi, dan (c) hasil akhir dari proses pembuatan poligon voronoi.

Urutan kerja pembuatan poligon voronoi adalah sebagai berikut.

1.    Buka satu peta yang daerahnya akan dibuatkan poligon voronoi.

2.    Buat satu peta baru pada peta yang sedang aktif dengan memilih Add to Current Mapper pada kotak dialog New Table. Tambahkan beberapa field untuk menyimpan data titik tersebut, misalnya untuk memetakan data ilkim isikan dengan field data hujan.

3.    Pasang titik-titik tersebut sesuai dengan koordinat geografisnya. Lihat kembali bab Regestrasi Data tentang cara Pemetaan Titik (Creating Point).

4.    Select (tandai) titik-titik yang telah dipasang, kemudian dari menu Objects pilih Voronoi. Bila muncul kotak dialog Voronoi Field Value, klik OK.

Pembahasan lebih detail tentang pembuatan voronoi ini akan dibahas pada bab Contoh Aplikasi.