Redistrik - Mapinfo Professional Tutorial
Redistrik

Redistrik adalah fasilitas yang disediakan oleh MI Pro untuk membuat ringkasan atau sub-total dari suatu tabel. Misalnya kita ingin mengetahui total penjualan masing-masing salesman per daerah penjualannya, jumlah kasus wabah penyakit per wilayah dan sebagainya.

Di bawah ini kita akan mengaplikasikan redistrik untuk menghitung luas masing-masing kelas lereng di Kabupaten Gianyar. Urutan kerjanya adalah sebagai berikut.

1.    Buka file 'Lereng_Gianyar'. Aktifkan window peta Lereng_Gianyar.

2.    Pilih menu Window - New Redistrict Window, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 9.26. Kotak dialog New Redistrict Window.

3.    Pada kotak Source Table pilih Lereng_Gianyar, sedangkan pada District Field pilih 'Keterangan' yang berarti data akan dikelompokkan berdasarkan keterangan atau kelas lereng. Gunakan tombol Add>>, <<Remove, Up, dan Down untuk mengatur jumlah dan susunan field pada Field to Browse agar seperti pada gambar di atas. Pada Field to Browse, 'Keterangan' adalah kolom untuk menampilkan jenis-jenis kelas lereng, 'Count' menampilkan jumlah poligon masing-masing kelas, 'Sum(Luas_Ha)' adalah jumlah luasan tiap-tiap kelas, dan Pct(Luas_Ha) adalah persentase luas masing-masing kelas, dan Fill adalah warna masing-masing kelas.

4.    Pilih OK, tampilan data tabular dan grafis akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 9.27. Tampilan redistrik pada data tabular.

Gambar 9.28. Tampilan redistrik pada peta.

Bila anda ingin menyimpan redistrik ini gunakan menu File - Save Table