Peta Nilai Individu - Mapinfo Professional Tutorial
Peta Nilai Individu

Peta nilai individu menggambarkan objek peta sesuai dengan nilai individual masing-masing record. Model peta ini baik digunakan untuk menekankan perbedaan kategori data daripada menampilkan data secara kuantitatif. Peta nilai individu tersedia untuk jenis data titik, garis, dan area. D bawah ini diberikan sebuah contoh peta nilai individu untuk menampilkan negara-negara di Benoa Asia. Prosedur pembuatan peta nilai individu adalah :

1.    Tampilkan peta Asia dengan membuka tabel Asia.

2.    Dari menu Map pilih Create Thematic Map. Langkah pertama pembuatan peta tematik muncul sebagai berikut.

Gambar 13.1. Langkah pertama pembuatan peta tematik.

3.    Pilih Type Individual dan nama template Region IndValue Default. Klik Next.

4.    Langkah kedua dalam pembuatan peta tematik adalah memilih tematik variabel yang akan digunakan pada peta. Pada contoh ini kita akan menggunakan tabel Asia dan field Country, seperti gambar berikut.

Gambar 13.2. Langkah kedua pembuatan peta tematik.

5.    Klik Next untuk ke langkah terakhir. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 13.3. Langkah ketiga pembuatan peta tematik.

6.    Pada langkah ketiga ini kita dapat melakukan customize terhadap peta tematik sesuai dengan kebutuhan. Pertama klik Style untuk mengatur arsiran (pattern) dan atau warna masing-masing kategori (negara) seperti pada kotak dialog berikut.

Gambar 13.4. Kotak dialog style pada peta nilai individu.

7.    Pilih masing-masing kategori pada kotak individual value dan atur bentuk arsiran dan atau warnanya. Tampilan pengaturan arsiran dan atau warna adalah sebagai berikut.

Gambar 13.5. Pengaturan arsiran, warna dan border.

Pilih bentuk arsiran dan warna tiap kategori, serta bentuk dan ketebalan border sesuai dengan selera anda. Bila kita tidak melakukan pengaturan Style, MI Pro akan menggunakan pengaturan standar (default).

Klik OK dua kali agar kembali ke kotak dialog Create Thematic Map - Step 3 of 3.

8.    Klik Legend untuk membuat legenda dari peta tersebut. Format legenda sama untuk semua jenis peta tematik. Oleh karena itu, pembahasan tentang legenda hanya dilakukan pada bagian ini.

Gambar 13.6. Kotak dialog penyusunan legenda.

Di bagian kiri, isikan judul dan subjudul legenda pada kotak Title and Subtitle. Pada contoh ini judul diisi dengan 'Negara-Negara Asia', sedangkan subjudul dikosongkan. Pada kotak pilihan Into Window, isikan dengan New Legend Window apabila anda menginginkan legenda ini dibuat pada window baru tersendiri, atau pililh window dimana legenda tersebut akan digabungkan.

Di bagian kanan ada Range Labels, disana terdapat daftar detail legendanya. Daftar ini dibuat dari field yang ditentukan pada langkah ke 2, pada contoh ini adalah Country. Kita dapat mengedit masing-masing item tersebut pada kotak Edit selected range here. Standarnya semua item ditampilkan, tetapi anda dapat memilih bagian tertentu saja untuk ditampilkan dengan menghilangkan tanda rumput pada kotak cek Show this Range. Jumlah masing-masing item biasanya juga ditampilkan, namun anda dapat me-nonaktifkannya dengan mengosongkan kotak cek Show Record Count.

Font (text style) masing-masing komponen (judul, subjudul, dan range label) dapat di atur dengan mengklik pada masing-masing bagian. Kotak dialog pengaturan font adalah sebagai berikut.

Gambar 13.7. Kotak dialog pengaturan font.

Pengaturan font yang dapat dilakukan adalah jenis font, ukuran, warna, dan beberpa efek lainnya (tebal, miring, bergaris bawah dll.).

Standarnya legenda tidak diisi border, tetapi anda dapat menambahkan border dengan mengaktifkan kotak cek Border Style. Garis yang digunakan border juga dapat diatur dengan mengklik kotak yang ada disampingnya. Kotak dialog pengaturan Line style adalah :

Gambar 13.8. Kotak dialog Line style.

Seandainya anda telah melakukan pengaturan legenda, tetapi ingin mengembalikan ke bentuk legenda standar, klik Restore Default Titles and Labels.

Bila pengaturan legenda telah selesai klik OK.

9.    Pada kotak dialog Create Thematic Map - Step 3 of 3, anda dapat mengatur susunan item legenda dengan memilih urutan Ascending (menaik A ? Z) atau Descending (menurun Z ? A) pada Legend Label Order.

10.  Pengaturan yang telah dibuat dapat anda simpan sebagai template untuk digunakan kemudian. klik Save As pada Template untuk menyimpan, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 13.9. Kotak dialog penyimpanan template.

Isikan dengan nama template pada kotak Name, lalu klik OK.

11.  Bila semua pengaturan telah selesai dilakukan, Klik OK pada kotak dialog Create Thematic Map - Step 3 of 3. Tampilan peta tematik Benoa Asia dan legendanya ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Gambar 13.10. Contoh peta tematik Nilai Individual Benoa Asia dan Legendanya.

Untuk memunculkan nama-nama negara pada Asia Map digunakan label automatis. Informasi lebih detail tentang cara pemberian label, lihat bab 'Melabeli Peta'.