Setup Digitizer - Mapinfo Professional Tutorial
Setup Digitizer

Agar MI Pro dapat melakukan proses digitasi dengan baik, kita harus memberikan beberapa informasi penting tentang peta yang akan didigitasi dengan mengunakan menu Map - Digitizer Setup, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 10.15. Kotak dialog Digitizer Setup.

Setiap peta biasanya pada legenda, tercantum proyeksi yang digunakan. Isikan proyeksi dan unit pemetaan yang digunakan. Misalnya proyeksi Lintang/bujur menggunakan satuan degree (derajat). Untuk foto udara, gunakan proyeksi lintang/bujur.

Sama halnya dengan digitasi layar, pada digitasi dengan meja digitizer juga memerlukan titik kontrol. Klik Add untuk menambahkan titik kontrol, kotak dialog Pick Tablet Point akan muncul untuk meminta anda untuk memilih titik pada peta di meja digitizer menggunakan tombol pendigit. Seteleh di klik pada peta, kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 10.16. Menambahkan titik kontrol.

Titik kontrol yang telah dibuat dapat dihapus satu per satu dengan Remove, dihapus semua denan Clear All, ataupun diedit. Tampilan kotak dialog saat melakukan editing terhadap salah satu titik kontrol adalah sebagai berikut.

Gambar 10.17. Edit titik kontrol.

Jumlah titik kontrol yang diperlukan minimal 4 untuk peta yang mempunyai proyeksi. Sementara untuk foto udara atau citra yang tidak ada proyeksinya, disarankan menggunakan 30 atau lebih titik kontrol.

Untuk mengatur konfigurasi tombol digitizer (puck), klik Buttons pada kotak dialog Digitizer Setup. Disini kita dapat menentukan tombol mana yang akan digunakan sebagai tombol utama dan tombol untuk double klik. Tombol utama digunakan untuk mengakses toolbar dan memulai digitasi objek, sedangkan tombol double klik untuk mengakhiri digitasi sebuah objek. Untuk puck yang hanya mempunyai satu tombol, klilk sekali dipakai sebagai tombol utama dan klik dua kali untuk mengakhiri digitasi objek.