Menambah Record dari Tabel Lain - Mapinfo Professional Tutorial
Menambah Record dari Tabel Lain

Bila kita mempunyai suatu tabel dan ingin menambah record yang bersumber dari tabel lain kita dapat menggunakan fasilitas Append Rows to Table dari menu Table seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 9.8. Kotak dialog Append Rows to Table.

Append Table artinya tabel yang akan digabungkan dan to Table adalah tabel yang akan ditambah. Data pada tabel to Table akan bertambah sebanyak jumlah record pada Append Table.

Fasilitas Append Rows to Table baik digunakan untuk menggabungkan beberapa tabel menjadi satu tabel. Misalnya menggabungkan beberapa tabel kabupaten menjadi satu tabel propinsi. Berlainan halnya dengan Seamless map layer yang telah di bahas pada bab 'Pemetaan dengan Layer', fasilitas Append Rows to Table menggabungkan data secara permanen.

Perlu dicatat bahwa tabel pada Append Table harus mempunyai urutan kolom dan struktur data yang sama dengan tabel pada to Table. Bila struktur tabel berbeda, MI Pro akan mengadakan konversi data agar data yang ada pada tabel Append Table dapat ditambahkan pada tabel to Table.

Append Table bukan saja berasal dari satu tabel utuh, namun dapat juga bersumber dari sebagain data yang terpilih (Select/Query). Cara-cara memilih data dibahas pada bab 'Memilih Data'.