Membagi Objek dengan Polyline - Mapinfo Professional Tutorial
Membagi Objek dengan Polyline

Membagi (split) objek dengan polyline berarti kita dapat membagi suatu objek dengan menggunakan garis. Garis pemotong dapat dibuat pada layer target atau dibuatkan layer tersendiri. Dibawah ini akan disajikan satu contoh membagi objek dengan polyline, urutan kerjanya adalah sebagai berikut.

1.    Buka peta yang akan di-split.

2.    Melaluil layer control, ubah properti layer tersebut menjadi Editable.

3.    Bila garis pemotong (polyline cutter) dibuat satu layer dengan layer target (layer yang di-split), gambar garis pemotong dengan penggambar polyline (). Gambar peta asli dan yang telah digambar polyline adalah sebagai berikut.

a b

Gambar 12.20. Langlah-langkah membagi objek dengan polyline (a) objek target dan (b) setelah digambar polyline cutter.

4.    Select (tandai) objek target, kemudian pilih menu Set Target dari menu Objects. Setelah itu, tandai polyline cutter yang baru dibuat. Kedua gambar tersebut akan nampak sebagai berikut.

a b

Gambar 12. 21. (a) Objek target yang telah di-Set Target, (b) polyline cutter sedang ditandai dan siap membagi objek target.

5.    Untu memulai proses splitting objek, pilih menu Objects - Polyline Split. MI Pro akan membuat poligon sesuai dengan ukuran polyline dan meminta persetujuan kepada kita bahwa splitting objek akan dilakukan pada daerah yang diarsir agak putih. Perhatikan gambar di bawah ini.

a b

Gambar 12. 22. (a) bagian peta yang akan di-split, (b) konfirmasi sebelum di-split.

6.    Klik Next untuk untuk menyetujui konformasi yang diberikan. Kotak dialog Data Disaggregation akan muncul sebagai berikut.

Gambar 12.23. Kotak dialog Data Disaggregation.

7.    Isikan metode disagregasi seperti gambar di atas. Klik OK, hasilnya akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 12.24. Hasil akhir proses splitting objek.

8.    Perlu diketahui bahwa bila splitting cutter dibuat satu layer dengan objek target, maka setelah proses splitting selesai, splitting cutter masih tersisa dan itu tidak diperlukan lagi sehingga perlu dihapus. Caranya adalah tandai polyline tersebut, kemudian tekan tombol Delete dari keyboard. Setelah itu lakukanlah proses Packing Data terhadap data/tabel hasil split untuk membersihkan data-data yang telah terhapus dan tidak terpakai dengan menu Table - Maintenance - Pack Table. Tabel hasil split sebelum dan sesudah packing disajikan di bawah ini.

a b

Gambar 12. 25. (a) tabel sebelum di packing (b) tabel setelah di packing.